MAJALAH PRANGKO Dari Kita Untuk Kita Semua !

Stamps Magazine for Indonesian Stamps Collectors (Monthly)

Majalah Prangko FAQ (Frequently Ask Questions)

1. Kapan ide membuat Majalah Prangko muncul dan kapan pertama kali terbit?
2. Apa Motto Majalah Prangko dan Mengapa?
3. Bagaimana Pelaksanaan Gagasan Majalah Prangko?
4. Mengapa pakai nama Majalah Prangko?
5. Apa saja isi Majalah Prangko ini?
6. Siapa pengelola Majalah Prangko?
7. Bagaimana cara membaca semua berita di sini?
8. Bagaimana cara berlangganan Majalah Prangko?
9. Apakah umum boleh mengisi (menyumbangkan) tulisan di Majalah Prangko?
10. Apakah dapat honor apabila tulisan dimuat?
11. Bagaimana Masa Depan Majalah Prangko?
12. Apakah Dewan Pemegang Saham?
13. Apa maksud Uang Langganan Rp.5.000,- per email?

1. Kapan ide membuat Majalah Prangko muncul dan kapan pertama kali terbit?
Ide Majalah Prangko (terbit bulanan) ini muncul berkat dorongan para filatelis Indonesia yang terkumpul dalam milis (mailing list) FILATELIS terutama atas pemunculan tulisan "Ke mana penulis filateli Indonesia?" oleh Vita Priyambada tanggal 18 November 2007 jam 09.06 waktu Jakarta. Pemunculan tulisan itu menimbulkan ide Moderator milis FILATELIS untuk memunculkan Majalah Prangko ini. Bagai bola es yang menggelinding dari atas ke bawah, semakin besar tanggapan datang dari berbagai filatelis Indonesia yang tampaknya "haus" akan penerbitan majalah bagi pengumpul prangko. Hari Senin, 19 November 2007 dimulailah kegiatan pengumpulan tulisan, berita, artikel filateli dan atau mengenai perposan. Apabila semua Rencana berlangsung dengan baik, Majalah Prangko akan muncul perdana, pertama kali, pada tanggal 1 Januari 2008.

Back to Top

2. Apa Motto Majalah Prangko dan Mengapa?
Motto Majalah Prangko adalah Dari Kita Untuk Kita Semua. Mengapa? Karena memang majalah ini ingin dibangun didirikan dijalankan dan dikembangkan bersama-sama oleh para pengumpul prangko Indonesia. Bukan hanya oleh segelintir orang yang menyebut nama Pengelola saja, tetapi semua pihak. Tanpa tukungan semjua pihak Majalah Prangko tidak akan berjalan dan tidak akan berkelanjutan dengan baik. Jadi kita berharap agar semua pihak dapat ikut serta terlibat dalam Majalah Prangko ini untuk dibaca dikonsumsi oleh kita semua pula.

Back to Top

3. Bagaimana Pelaksanaan Gagasan Majalah Prangko?
Menerbitkan majalah memang mudah. Tetapi bagaimana dengan dana penerbitan? Apakah dapat berkesinambungan terbit sebulan sekali terus-menerus tanpa henti? Hal inilah menimbulkan ide pembuatan sistem gotong royong bersama para pengumpul prangko Indonesia untuk semakin memperkuat visi dan keyakinan serta keinginan maupun semangat untuk tetap menerbitkan Majalah Prangko. Tentu dengan dukungan kuat tersebut diharapkan majalah para pengumpul prangko untuk dapat tetap terbit dengan baik. Layaknya sebuah pohon alamiah yang baik akan menjadi pohon yang tumbuh berkembang dengan indah beserta bunganya. Apalagi kalau kita beri pupuk bersama dengan teratur. Tema akrab lingkungan hidup inilah akan mewarnai Majalah Prangko di masa datang.

Back to Top

4. Mengapa pakai nama Majalah Prangko?
Nama Majalah Prangko digunakan supaya mudah diingat dan dikenal semua kalangan. Rasanya tidak ada yang tidak tahu dengan nama Prangko, apalagi kalau orang itu pernah ke kantorpos atau pernah berkirim surat pasti menggunakan Prangko. Guna memudahkan bagi kita semua, nama yang sederhana inilah dipakai sebagai nama majalah ini.

Back to Top

5. Apa saja isi Majalah Prangko ini?
Majalah ini masih sangat baru saat ini (19 November 2007). Isi majalah diharapkan terdiri dari Tajuk Prangko yaitu pemikiran (tema) utama dari Redaksi pada saat majalah diterbitkan per bulan. Selain itu juga Ulasan Filateli dari berbagai Penulis Filateli atau Penulis Pos. Ada pula penerbitan prangko baru Indonesia. Demikian pula rencana kegiatan perfilatelian Indonesia, baik itu dari Perkumpulan Filatelis Indonesia atau pun dari berbagai Perkumpulan/Club Filateli di Indonesia. Komentar Pembaca dapat pula kami terima, serta tulisan kreativitas filateli lain baik di bidang kartupos, kartu maksimum, prangko, carik kenangan (souvenir sheet), sejarah pos (postal history), tematik, postal stationery, sampul hari pertama, dan sebagainya.

Back to Top

6. Siapa pengelola Majalah Prangko?
Pengelola Majalah Prangko ini sebenarnya kita semua namun untuk koordinasi dengan baik dilakukan sementara oleh Richard Susilo sebagai Pemimpin Redaksi. Pada saatnya apabila semakin besar semakin mapan akan dibentuk Dewan Redaksi yang mungkin jauh lebih baik dan lebih kuat daripada yang ada saat ini, saat baru lahir dan masih "menyusui" layaknya awal sebuah organisasi tumbuh dan berjalan.

Back to Top

7. Bagaimana cara membaca semua berita di sini?
Semua berita, tulisan, artikel dan apa pun yang ada di sini dapat dibaca hanya dengan menggunakan Username dan Password, yang akan diberikan setelah membayar uang langganan.

Back to Top

8. Bagaimana cara berlangganan Majalah Prangko?
Untuk dapat membaca semua berita tulisan atau data apa pun di sini harus berlangganan dulu. Silakan KLIK DI SINI untuk membaca kelengkapan cara berlangganan.

Back to Top

9. Apakah umum boleh mengisi (menyumbangkan) tulisan di Majalah Prangko?
Siapa pun dapat mengisi atau menyumbangkan tulisannya kepada majalah ini. Hal itu justru sangat diharapkan karena tanda masukan kreativitas dari pembaca atau siapa pun, kita tak akan dapat berkembang lebih baik. Upaya menjadikan dua arah inilah sangat diharapkan sekali oleh kita semua membesarkan majalah ini.

Back to Top

10. Apakah dapat honor apabila tulisan dimuat?
Tentu saja. Apabila tulisan anda dimuat di Majalah Prangko maka akan kami berikan honor. Namun ibarat bayi yang baru lahir, tentu jangan berharap honor akan besar seperti orang dewasa yang telah bisa berlari.

Back to Top

11. Bagaimana Masa Depan Majalah Prangko?
Uang yang terkumpul itu, saat ini Rp.5,000,- per email per bulan akan ditabung dan nantinya akan menjadi KUPON. Saat Perusahaan sudah berdiri, maka Majalah Prangko dicetak seperti majalah biasa yang kita peroleh di pasaran. Namun akan dijual dengan harga misalnya Rp.50,000 satu eksemplar. Nah, KUPON tersebut dapat dipakai nantinya, MISALNYA, satu KUPON akan jadi bernilai tunai Rp50,-, apabila terkumpul 100 kupon berarti 100 bulan langganan saat ini oleh satu email, berarti Jumlah KUPON senilai Rp.5000,-, maka saat beli Majalah Prangko hanya membayar Rp.45.000,- saja. Nilai KUPON tersebut akan diputuskan oleh Dewan Pemegang Saham nantinya, setelah Perusahaan terbentuk, tidak bisa saat ini.

Back to Top

12. Apakah Dewan Pemegang Saham?

Dewan Pemegang Saham adalah para pemegang saham Perusahaan Penerbit Majalah Prangko di masa mendatang. Untuk lebih lengkap silakan KLIK DI SINI !

Back to Top

13. Apa maksud Uang Langganan Rp.5.000,- per email?

Majalah Prangko masih dalam bentuk Dijital. Kalau dana terkumpul cukup, maka akan kami print out barulah dapat dijual fisik. Tapi saat ini barulah berupa PDF file, dikirimkan per email. Itu sebabnya Langganan per email. Kami tak akan mengirimkan ke email lain selain email yang dipakai saat mengajukan untuk langganan Majalah Prangko ini. Misalnya pelanggan mengajukan berlangganan menggunakan email . Jadi meskipun memiiki pula email di Yahoo.com (misalnya: abc@yahoo.com), maka kami TIDAK akan mengirimkan pula ke abc@yahoo.com. Kecuali bayar lagi Rp.5.000,-.
Mengapa demikian? Karena hal ini untuk menjaga dan memproteksi Copyright serta password. Pelanggan akan kami berikan Username dan Password untuk bisa mengakses membaca berita/tulisan di website www.prangko.com dan juga bisa memposting (mengirimkan) berita/tulisan ke milis StampsNews (http://groups.yahoo.com/group/stampsnews/). Semua itu harus menggunakan username dan password.
Kami ingin majalah ditopang bersama Dari Kita Untuk Kita Semua ! Sponsor/pemasang iklan sangat diharapkan. Jadi apabila ada dana masuk, maka akan kami tabung untuk menerbitkan majalah pada akhirnya, dalam bentuk Cetak. Saat ini masih berupa PDF data file jadi pelanggan sendiri yang mencetaknya. Semoga informasi ini berguna bagi kita semua.

Back to Top