MAJALAH PRANGKO Dari Kita Untuk Kita Semua !

Stamps Magazine for Indonesian Stamps Collectors (Monthly)

Majalah Prangko Akrab Lingkungan

    Keadaan alam lingkungan hidup manusia sudah jauh berbeda dengan 10 tahun apalagi 20 tahun dan lebih yang lalu. Iklim semakin kacau, terkadang hujan, panas mendadak, dingin mendadak dan sebagainya.

    Kalangan produsen barang, katakanlah mobil, sudah sejak lama sekitar 10 tahun lalu pula, berusaha menjadikan produk buatan mereka akrab lingkungan. Lihatlah ada mobil dengan bahan bakar Hybrid yang kini berusaha diproduksi massal karena memang akrab lingkungan.

Tema lingkungan hidup ini juga tak akan bisa lepas dari perfilatelian dan atau perprangkoan dan atau perposan.

    Apa bukti kalau kita juga berusaha akrab dengan lingkungan? Coba KLIK DI SINI, Filatelis Peduli, mengenai Ecophila yang diluncurkan Pos Indonesia tahun 1998.

    Segi tema kita memang telah memperhatikan alam yang kaya raya di Indonesia. Tema lingkungan hidup pun muncul. Misalnya Tahun Lingkungan Hidup bahkan menerbitkan Carik Kenangan (kata ini diciptakan Richard Susilo, terjemahan dari Souvenir Sheet, dan secara resmi pertama kali dipakai dalam penerbitan Tahun Lingkungan Hidup) terbitan tanggal 5 Juni 1993.

    Apakah keakraban dengan lingkungan hidup hanya dari soal tema lingkungan hidup saja? Tidak. Pos dapat lebih gencar lagi berpromosi kepada masyarakat dunia (bukan hanya Indonesia), melalui benda filatelinya bahwa Manusia Harus Menjaga Lingkungan Hidup dengan sebaik-baiknya. Apabila hal itu tidak dilakukan, generasi mendatang akan mengalami nasib buruk dalam kehidupan mereka dan semua itu adalah kesalahan kita semua.

    Belum terlambat kalau Pos Indonesia ikut dengan gencar mendukung kampanye akrab lingkungan hidup dan melalui Majalah Prangko ini pula kami ingin menghimbau agar penulisan filateli atau apa pun mengenai lingkungan hidup terkait filateli dan pos, kiranya dapat pula disampaikan kepada kami sehingga melalui Majalah Pranko ini, keakraban terhadap soal-soal Lingkungan Hidup dapat terwujud dengan lebih baik lagi dari masa ke masa.

    Membentuk karakter bangsa lebih positif dan ikut melestarikan Lingkungan sekitar melalui media kami ini!

    Redaksi