Intech Growth

lokasi jembatan

Paling sederhana kita mulai dari ibu kota Jepang, Tokyo. Ada beberapa jembatan besar dan menarik diperhatikan di Tokyo melintasi sebuah sungai bernama Sumidagawa.

Di Tokyo tidak hanya Sumidagawa, masih ada lagi beberapa sungai di Jepang atau juga beberapa kali di mana juga banyak melintas jembatan penyeberangan baik untuk orang maupun untuk sepeda (motor) dan kendaraan bermotor lain.

Keadaan tersebut apabila kita perhatikan, ternyata memang masih dibutuhkan monumen atau fasilitas penyeberangan, membuat jalan potong guna menyingkat waktu dan memperpendek jarak tempuh, akibat dibelah oleh sungai atau kali, baik yang kecil apalagi yang besar, membelah dua bagian daerah yang mungkin saja masih satu kecamatan.

Kebutuhan jembatan inilah membuat manusia semakin sadar akan kebutuhan tempat penyeberangan khusus berupa jembatan, sehingga segala unsur aktivitas kehidupan akan semakin mudah. Akibatnya dampak lain terlihat misal dampak ekonomi dengan pengiritan bahan bakar. Yang semula harus memutar butuh banyak energi (gas atau bensin atau energi lain), kini kebutuhan energi dapat diirit dengan baik. Dampak selanjutnya, misalnya polusi berkurang (apabila kendaraan menggunakan bahan bakar minyak).

- Sumidagawa (sungai Sumida) -


.