Bergabunglah dengan kami!

Entering Senior High School in Japan

Contact Us Today

Lulus SMP Langsung Kelas 1 SMA di Jepang

  • Sejarah Baru Pendidikan di Indonesia

    Mulai 1 September 2012 tercatat dalam sejarah baru pendidikan di Indonesia, Pandan College
    membuka pintu lebar-lebar bagi pelajar lulusan SMP, setelah lulus SMP lanngsung bisa masuk
    kelas satu SMA di Jepang. Tentu ada syaratnya dan bacalah FAQ di bawah ini.

    1. Sejak kapan?
    Sejak 2012 sudah dapat dilakukan.

    2. Untuk murid lulus SMP saja?
    Lulus SMP di Indonesia dan juga yang telah di SMA di Indonesia bisa masuk ke SMA di Jepang. Tetapi yang telah di SMA di Indonesia harus
    mengulang mulai kelas satu SMA dulu di Jepang. Misalnya sekarang kelas 1 SMA tahun depan naik ke kelas 2, maka tahun depan langsung
    masuk ke kelas 2 SMA di Jepang tidak bisa, melainkan harus mengulang dari kelas satu SMA di Jepang. Yang tahun depan lulus SMP, dapat
    segera masuk kelas 1 SMA di Jepang.

    3. Apa syaratnya?
    Belajar di Pandan College sedikitnya satu tahun karena ini pesan dari pihak imigrasi Jepang. Kami memiliki kerjasama yang sangat baik dengan pihak Imigrasi di Jepang.

    4. Mengapa?
    Karena di Pandan College selain belajar bahasa juga diajarkan budaya Jepang, cara hidup di Jepang, karakter orang Jepang, pola berpikir orang Jepang, dan semua persiapan hidup di Jepang. Sehingga saat tiba di Jepang bergaul dengan sesama anak SMA di Jepang lebih mudah beradaptasi.

    5. Kalau tanggung, misalnya masuk Pandan College setengah tahun apakah bisa?
    Akan dilihat dipertimbangkan case by case. Silakan konsultasi dengan kami apabila telah memutuskan untuk bergabung dengan Pandan College.

    6. Selain belajar di Pandan College apa lagi syaratnya?
    Memiliki sertifikat lulus SMP yang asli harus dibawa ke Jepang nantinya diperlihatkan kepada pihak SMA Jepang. Penguasaan bahasa Jepang memang penting, tapi pecayalah, di Pandan College kami pasti memberikan kualitas terbaik bagi kecakapan bahasa Jepang siswa yang bersangkutan.

    7. Kalau saya tinggal jauh dari sekolah Pandan College, misalnya di Medan, bagaimana solusinya?
    Beritahu kami, sekolah/kursus bahasa Jepang apa yang terdekat dengan rumah siswa. Lalu kami akan coba kerjasama dengan kursus tersebut mempersiapkan siswa berangkat ke Jepang setelah kursus di sana.

    8. Kalau tidak ada kursus Jepang di dekat rumah siswa sekalipun bagaimana?
    Harus mencari tempat kursus terdekat untuk kursus bahasa Jepang dan budaya kehidupan Jepang di sana. Coba cari guru private bahasa Jepang yang memiliki kecakapan bahasa Jepang minimal N-3. Lalu konsultasikan kembali kepada kami Pandan College.

    9. SMA apa namanya dan di mana lokasi sekolahnya?
    SMA ada di daerah Kanto (Tokyo dan sekitarnya). SMA swasta yang terkenal, bahkan menelorkan para pemain sepakbola internasional Jepang dari daerah tersebut. SMA ini adalah salah satu rekanan kerja terbaik dari Pandan College. Namanya SMA Kashima Gakuen, lokasi di Ibaraki, di sana pula markas besar tim sepakbola Kashima sangat terkenal di Jepang saat ini. Prestasi sekolah ini juga sangat baik di bidang olahraga. Jadi selain belajar SMA, siswa juga akan tetap terjaga sehat dengan olahraga yang baik di sana, di samping ilmu selama mengenyam SMA juga ilmu yang terbaik di Jepang karena diberikan sekolah besar, luas tanahnya 66.30 meter persegi (luas bangunan 7,197 meter persegi) bukan sekolah SMA kecil.

    10. Apakah mahal?
    Mahal atau tidak tergantung kemampuan pribadi masing-masing. Di Jepang biaya sekolah rata-rata sama tidak banyak berbeda untuk swasta (level swasta) dan untuk negeri (level negeri). Yang membuat mahal bagi indonesia karena nilai Rupiah yang lemah terhadap Yen.

    11. Berapa biaya sekolah SMA di Jepang setahun?
    Kira-kira 1,3 juta yen per tahun, plus biaya hidup sehari-hari.

    12. Mengapa hal ini (lulus SMP bisa langsung masuk SMA di jepang) dapat dilakukan Pandan College?
    Karena kantor pusat Pandan College di Tokyo, memiliki kerjasama dan kontrak sangat baik dengan Kashima Gakuen serta dipercaya sekali oleh sekolah tersebut. Termasuk beberapa SMA/SLTA lainnya di Jepang. Sehingga Pandan College dapat menciptakan sejarah di dalam dunia pendidikan Indonesia saat ini, lulus SMP bisa langsung masuk kelas satu SMA di Jepang, yang selama ini tidak ada dan belum pernah terjadi. Pandan juga akan melebarkan sayap dan melakukan kerjasama dengan sebanyak mungkin SMA di Jepang. REKANAN Pandan College di Jepang.

    13. Ada biaya pengurusan?
    Pandan akan mengenakan biaya admin untuk biaya pengurusan Visa Pelajar di Jepang (pengurusan Visa Pelajar di Jepang) dan penyiapan tempat tinggal di Jepang, penjemputan di bandara Narita dan pengantaran ke sekolah pada hari pertama, serta monitoring selama 3 tahun terhadap siswa Indonesia tersebut. Komunikasi orangtua di Indonesia akan sangat mudah dengan kami karena pimpinan kantor pusat kami di Tokyo adalah orang Indonesia, sehingga tiga pihak, baik pihak Pandan College, pihak siswa dan pihak orangtua bisa berkomunikasi tanpa hambatan dalam bahasa Indonesia.

    14. Apakah ada jaminan masuk universitas kalau SMA mulai kelas 1 di Jepang?
    Jaminan bisa masuk universitas sudah pasti tetapi dari grup sekolah SMA di Jepang rekanan kami. Untuk masuk Universitas di Jepang tergantung kembali kepada siswa ybs. Kalau tidak mau belajar ya ke mana pun tak akan berhasil. Apabila masuk sma sejak kelas 1 di Jepang, kemungkinan jauh lebih besar dapat masuk lebih mudah ke universitas di Jepang. Mengapa? Di sma Jepang (selama 3 tahun) mereka akan jauh lebih dalam dibekali persiapan ujian masuk universitas Jepang. Jadi saat ujian masuk Universitas sudah terbiasa dan dapat mengerjakan dengan lebih mudah, ketimbang orang baru datang ke Jepang lalu ikut ujian masuk Universitas di Jepang. Itulah sebabnya Pandan College merekomendasikan sekolah di Jepang mulai kelas satu SMA. Lebih mudah masuk Perguruan Tinggi dan lebih mudah cari kerja di Jepang setelah lulus Perguruan Tinggi di Jepang.

    15. Apakah ada larangan SMA tidak boleh separuh-separuh, separuh di Indonesia separuh di Jepang?
    Semua universitas di Jepang memiliki syarat 12 tahun masa pendidikan (SD SMP SMA) harus dilalui, TIDAK ada larangan sebagian tidak boleh di Jepang. Misalnya SD dan SMP di Indonesia lalu SMA saja di Jepang, hal demikian dilarang, tidak benar itu. Ini UU Pendidikan Jepang. Terpenting semua siswa telah mengecap minimal 12 tahun pendidikan.Jadi tidak mungkin dan tidak akan ada Universitas di Jepang di mana pun melarang harus penuh 12 tahun di Indonesia tidak boleh sebagian di Jepang.

    16. Lalu info yang ditulis beberapa universitas di Jepang apa artinya?
    Informasi yang ditulis beberapa universitas itu khusus ditujukan siswa yang berada di luar Jepang agar mengetahui bahwa setelah belajar 12 tahun, lulus SMA, barulah bisa/diperkenankan mengajukan diri ikut ujian masuk universitas tersebut.

    17. Apakah ada beasiswa untuk masuk SMA di Jepang?
    Secara umum tidak ada. Beasiswa mulai ada di tingkat universitas atau pendidikan tinggi. TETAPI ada Beasiswa PC20000 dari Pandan College. Telpon staf kami di 0361-255-225.

    18. Apa keuntungan bagi masa depan (kehidupan) anak saya yang masuk SLTA di Jepang?
    Pertama, Perusahaan Jepang melihat seseorang yang sudah punya akar walau sedikit, berarti SMA di Jepang, berarti pasti bahasa Jepang lebih lancar ketimbang yang mendadak masuk PT (Perguruan Tinggi) di Jepang, dari luar Jepang.
    Kedua, punya teman banyak, 3 tahun SMA di Jepang, Modal pokok yang sangat penting bersosialisasi (bermasyarakat) di Jepang dan pasti selama SMA tiga tahun di Jepang mendapatkan banyak teman sesama SMA.
    Ketiga, punya Kelompok pasti (karena 3 tahun SMA di Jepang), dan kelompok ini bisa dimanfaatkan Perusahaan (saat dia bekerja) untuk pemasaran mempopulerkan usahanya ke kelompok dia (yang pernah SMA di Jepang). Prioritas Perusahaan memilih karyawan yang pernah SMA di Jepang.
    Keempat, sudah pasti tahu lebih banyak mengenai budaya kehidupan, pola pikir orang Jepang (karena 3 tahun SMA di Jepang). Jadi Kemungkinan (lebih besar diterima kerja) dan PRIORITAS pilihan saat mencari kerja 100% dipilih dari yang SMA nya di Jepang ketimbang yang baru lulus Univ/PT tapi masuk PT nya langsung dari luar Jepang.
    Bagi Lulusan Univ/PT yang menggunakan bahasa pengantarnya bahasa Inggris di sekolah, maka perusahaan Jepang biasanya kurang sreg, alergi. Kecuali perusahaan asing di Jepang seperti Morgan Stanley, Citibank, dll, yang memang berbasis komunikasi bahasa Inggris di dalam (internal percakapan) perusahaan mereka.
    Jadi jaminan masa depan cerah (100%) mencari kerja jauh lebih mudah (di perusahaan Jepang) bagi yang lulusan SMA nya di Jepang (masuk Univ/PT dan lulus Univ/PT di Jepang).

    19. Apakah dari kelas dua SMA di Indonesia, naik ke kelas tiga, bisa langsung melanjutkan masuk kelas tiga SMA di Jepang?
    Pada dasarnya kemampuan bahasa Jepang murid ybs adalah hal terpenting. Konsultasikan dengan kami mengenai hal ini. Email: info@sekolah.biz

    20. Apakah lingkungan sekolah SMA di Jepang yang direkomendasikan oleh Pandan College memiliki lingkungan yang baik, misalnya menerima siswa yang ber-hijab?
    Pandan College Selalu memikirkan kepentingan mayoritas bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim. Sekolah (SMA) yang direkomendasikan Pandan College memiliki lingkungan yang sangat baik, tidak ada diskriminasi, lingkungan yang indah serta menerima terbuka murid yang menggunakan hijab dari Indonesia. Tempat tinggal beda lantai antara murid lelaki dan wanita. Lokasi dormitory tempat tinggal hanya satu menit jaraknya dari sekolah berjalan kaki.

    21. Seandainya saya terlambat 7 atau 8 tahun lalu sudah lulus SMP lalu sekarang masuk SMA di Jepang apakah bisa?
    Tidak ada larangan masuk SMA di jepang walaupun telah bertahun-tahun lalu lulus SMP. Terpenting penguasaan bahasa Jepang minimal N-3 kalau bisa N-2 atau N-1.

    22. Ingat! Semuanya itu (yang tertulis di atas) berbalik kembali (tergantung) kepada MURID ybs. Mau belajar atau tidak? Mau fokus belajar atau tidak di Jepang?

    Pengalaman Murid Pandan College Belajar SMA selama 3 tahun di Jepang (1 April 2013 - Maret 2016), Klik Di Sini !

  • » THIS IS ALSO IMPORTANT ! Please Read Carefully!

    Konsultasikan dengan kami semua hal mengenai belajar di Jepang lewat email: Info@Sekolah.Biz

    HOMESTAY berangkat setiap Sabtu ke Jepang »

To The Top