RAFANDI RAMADHAN

Laporan Penerima Beasiswa

On Wednesday, January 28, 2015 2:17 PM

LAPORAN PERKEMBANGAN PRESTASI
ananda RAFANDI RAMADHAN

Tahun ajaran 2014/2015 ini Rafandi Ramadhan duduk di bangku kelas IV. Di sekolahnya, ada 3 kelas paralel untuk kelas IV ini, dimana dari ketiga kelas parallel tersebut ada 1 kelas unggulan. Pengelompokan ini dilakukan sejak siswa duduk di bangku kelas IV. Alhamdulillah, Rafandi Ramadhan masuk di kelas unggulan.

Sejak tahun ajaran 2013/2014 sekolahnya mengikuti instruksi dari pusat untuk mulai menerapkan kurikulum 2013/K13 (diberlakukan mulai siswa kelas I dan kelas IV). Artinya, tahun ini tahun ke-2 diberlakukan K13 di sekolahnya, namun tahun pertama bagi Rafandi Ramadhan menerima K13. Kami bersyukur perubahan cara belajar mengajar yang menyesuaikan dengan K13 tidak berdampak penurunan prestasi bagi Rafandi Ramadhan, meskipun hampir semua teman-temannya mengalami penurunan dalam pemahaman materi. Sampai saat ini, Rafandi Ramadhan tidak pernah ikut les untuk menunjang mata pelajaran formal karena memang kami, orang tuanya, tidak setuju jika anak yang masih duduk di sekolah dasar terlalu dibebani dengan jadwal yang padat. Selain itu, menurut kami, orang tua adalah mitra guru. Jadi selama masih memungkinkan, anak kami akan kami bimbing sendiri belajarnya di rumah. Waktu-waktu tersebut (ketika kami sedang membimbing anak kami) adalah waktu yang berkualitas menurut kami, karena bisa menumbuhkan komunikasi di antara kami.

Belum lama ini raport semester 1 dibagikan. Seperti halnya sekolah lain, raport tahun ini tidak berisi angka sama sekali. Tapi pada dasarnya, hampir semua bidang, pemahaman Rafandi Ramadhan sangat memuaskan. Untuk mendapat data yang akurat, kami menanyakan pada wali kelasnya peringkat anak kami (meskipun seharusnya memang tidak dibuat peringkat, namun pihak sekolah mengijinkan orang tua untuk meminta data tersebut bila memang diperlukan). Informasi yang kami terima, sesuai dengan surat keterangan dari sekolah yang telah kami kirim pada email terdahulu, Rafandi Ramadhan meraih peringkat pertama.

Pada kegiatan ekstra pilihan, (tahun ini Rafandi Ramadhan memilih : bahasa Inggris) anak kami mendapat nilai A+. Memang sejak kecil kami melihat kemampuan berbahasanya lebih menonjol dari pada teman-teman seusianya. Di sekolahnya ia sering mendapat nilai 100 untuk mata pelajaran bahasa Arab. Hal ini agak surprise buat kami, mengingat kami, orang tuanya, sama sekali tidak bisa bahasa Arab. Kalau kondisi keuangan memungkinkan, kami ingin sekali kelak anak kami bisa belajar berbagai bahasa. Semoga Allah mengabulkanc. Tentang ekstra kurikuler ini, tahun sebelumnya dia memilih ekstra robotic. Hasilnyapun sangat memuaskan, namun karena ekstra robotic ini terlalu besar biayanya, kami menyarankan anak kami untuk pindah ke bahasa Inggris saja.

Untuk pelajaran mengaji, Alhamdulillah semester ini Rafandi Ramadhan sudah mulai masuk ke Al-Qurfan. Belajar mengaji di sekolahnya menggunakan metode tilawati, bisa dilalui dengan lancar (tidak pernah mengulang pada tingkat yang sama).

Demikian laporan perkembangan prestasi ananda Rafandi Ramadhan. Kami juga sudah menginformasikan pada guru, rekan dan saudara kami tentang bantuan beasiswa yang kami peroleh dari Pandan College. Banyak diantara mereka yang berminat untuk ikut mengajukan bea siswa tahun depan.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih dan doa untuk Pandan College agar makin sukses.

Aamiinc. Salam,
Dhiah.

Oya, dana beasiswa untuk bulan ke 3 dan 4 juga telah kami terma. Sekali lagi terima kasih.

HOME | Pandan College | SLTA Di Jepang