Pandan College - Japanese Language School

Home
English
Japanese
About Us
Courses
Prices
Partners
News
Comments
Registration
GOLD MEMBER
Contact Us
ADS
Franchise
LAPORAN KEGIATAN

Skill Up Pandan College

 

Upaya peningkatan kualitas Pandan College bukan hanya di dalam kelas saja, tetapi ekstrakurikuler (layaknya di sekolah umum) juga dilakukan.

 

Kami menguji dan melatih kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Jepang dan membaca huruf Jepang,  melalui permainan berupa petunjuk dan cara-cara menggunakan bahasa Jepang. Upaya ini agar siswa tidak merasa jenuh, semakin senang dan semakin bersemangat dalam belajar bahasa jepang.       

 

Kegiatan penyegaran tanggal 9 November 2007 (11.00-13.00 WITA) ini diikuti oleh 7 (tujuh) orang dengan pembentukan kelompok dan dibina oleh guru-guru professional Pandan College.

 

Siswa melakukan permainan berkelompok yang sebelumnya diberikan petunjuk atau tata cara oleh sensei.

 

Ada lima  permainan  yaitu Fukuwarai, permainan ini biasanya dimainkan menjelang tahun baru di sekolah-sekolah maupun di perkantoran. Salah seorang menempelkan bagian wajah pada gambar dan yang satunya memberikan pengarahan.

 

Permainan kedua yaitu permainan angka. Salah seorang peserta membuka 4 atau 5  kartu yang berisi angka, kemudian menyebutkan nominalnya dalam bahasa Jepang. Lalu peserta yang satu lagi mencatat nominal yang disebutkan tadi.

 

Permainan ketiga yaitu Uchujin (makhluk luar angkasa). Pada permainan ini peserta pertama memilih gambar yang disediakan lalu peserta kedua melihat gambar dan menjawab pertanyaan dari peserta pertama, di mana peserta pertama akan menanyakan ciri-ciri  wajah uchujin tersebut. Jika dianggap sudah tepat, maka mereka akan  menunjukkan masing-masing gambar yang mereka pilih.

 

Permainan keempat yaitu Teka-teki silang, dalam permainan ini peserta A (angkatan baru) bertugas menulis jawaban, sedangkan peserta B (angkatan lama) bertugas membacakan pertanyaan dalam bahasa Indonesia yang kemudian peserta A akan menuliskan jawabannya dalam bahasa Jepang.

 

Permainan ke lima yaitu latihan menyimak, peserta A akan membacakan wacana dalam bahasa Jepang dan peserta B akan menulis jawabannya di wacana pada bagian yang kosong. Setelah itu peserta B yang membaca dan peserta A yang menulis jawaban.

 

Pada akhir kegiatan, sensei membacakan wacana pada permainan kelima, dan siswa menyimak dengan baik. Siswa terlihat begitu bersemangat mengikuti kegiatan skill up, karena dapat melatih berbahasa Jepang dengan cara yeng berbeda.

 

Hasil kegiatan skill up tersebut, dipajang di Mading  (Majalah Dinding Pandan College) selama 1 bulan, sampai dengan kegiatan di Pandan College diluar jam belajar diadakan kembali.

 

 


Home | English | Japanese | Courses | Prices | Partners | News | Comments | Registration | Ads | Login
Copyright 2007 © Pandan College                                                                                designed by Office Promosi, Ltd.